Minggu, 08 Maret 2009

KISI-KISI

Sukses Bertani Padi Pandanwangi


Reporter : Jenny Tan, Asep Syaifullah
Juru kamera : Ahmad Susanto
Lokasi : Cianjur, Jawa Barat
Tayang : Kamis, 20 September 2007, Pukul 12.30 WIB

Hamparan sawah ini merupakan tempat penanaman padi pandanwangi. Lokasinya di Warung Kondang, Cianjur, Jawa Barat. Sawah ini dikelola oleh gabungan petani yang dipimpin oleh Haji Mansyur. Luasnya sekitar 30 hektar.

Untuk mencapai lokasi penanaman padi pandanwangi dapat mengambil arah ke Cianjur, Jawa Barat. Lalu mengambil arah ke Warung Kondang, di lerang Gunung Gede.

Proses pengolahan tanah untuk padi pandanwangi tidak berbeda dengan mengolah sawah biasa. Tanah dibajak dengan menggunakan traktor. Setelah itu ditanam bibit padi.

Padi pandanwangi, hanya cocok tumbuh di suhu 25 sampai 30 derajat celsius, dengan ketinggian 500 sampai 800 meter dari permukaan laut. Di wilayah Cianjur, padi pandanwangi ditanam di 6 kecamatan. Antara lain di Warung Kondang, Cibeber, Cugenang, Cilaku dan Cianjur Kota.

Padi pandanwangi, masa tanamnya sekitar 6 bulan. Dalam 1 tahun hanya sekali panen. Dari segi harga, padi pandanwangi jauh lebih mahal, sehingga lebih menguntungkan bagi petani.

Sawah yang ditanam padi pandanwangi seluas satu hektar bisa menghasilkan sekitar 7 sampai 10 ton gabah, dengan harga perkilogramnya 3 ribu rupiah.

Dari 30 hektar luas areal sawah yang dikelola Haji Mansyur bersama kelompoknya, dapat menghasilkan 270 ton beras pandanwangi.

Untuk menghasilkan beras pandanwangi yang berkualitas baik, padi yang dipanen harus dijemur hingga benar-benar kering. Sedangkan proses penggilingannya diawasi dengan ketat. Ciri-ciri beras pandanwangi yang berkualitas baik, pulen, wangi, khas Cianjur.(Helmi Azahari/Ijs)

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India